Pengertian
komunikasi bisnis
komikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan bisnis kepada orang orang
Ada 2 type : komunikasi verbal = Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain baik secara tertulis maupun lisan.
komikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan bisnis kepada orang orang
Ada 2 type : komunikasi verbal = Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain baik secara tertulis maupun lisan.
Contoh: Membuat dan mengirim surat pengantar ke suatu
perusahaan
: komunikasi non verbal = Merupakan
bentuk komunikasi yang dengan menggunakan gerakan gerakan tubuh (body language)
sebagai alat komunikasi,
Contoh : Mengerutkan dahi untuk menunjukan sedang
berpikir keras, menggelengkan kepala untuk menunjukan tanda tidak setuju
Proses
Komunikasi
Menurut Bovee dan Thill dalam buku Business Communication
Today yaitu:
a.
Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan
b.
Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan
c.
Pengirim menyampaikan pesan
d.
Penerima menerima pesan
e.
Penerima menafsirkan pesan
f.
Penerima memberi tanggapan dan mengirjm umpan balik kepada pengirim.
Komunikasi yang efektif
a. Persepsi
a. Persepsi
Seorang komunikator yang cerdas harus dapat
memprediksikan apakah pesan-pesan yang disampaikannya dapat diterima oleh
komunikan sesuai dengan sudut pandang komunikan
b.
Ketepatan
Secara umum audiens mempunyai suatu kerangka berpikir
yang jelas, perlu adanya ekspresi agar komunikasi yang dilakukan tepat sasaran
c.
Kredibiltas
Komunikator perlu memiliki suatu keyakinan dan
optimism yang tinggi bahwa audiensnya adalah orang-orang yang dapat dipercaya.
d.
Pengendalian
Dalam komunikasi, audiens akan memberikan suatu reaksi
atau tanggapan terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi mereka dapat membuat
komunikator tertawa, menangis, bertindak, mengubah pikiran, atau lemah lembut.
e.
Keharmonisan
Komunikator yang baik tentu akan selalu dapat menjaga
hubungan persahabatan yang baik dengan audiens sehingga komunikasi dapat
berjalan lancer dan mencapai tujuan.
Hambatan dalam komunikasi
a. Masalah dalam mengembangkan pesan
a. Masalah dalam mengembangkan pesan
Antara lain munculnya keragu-raguan tentang isi pesan,
masih asing dengan audiens, pertentangan ekspresi, kesulitan dalam
mengekspresikan ide atau gagasan.
b.
Masalah
dalam menyampaikan pesan
Masalah dalam menyampaikan pesan yang paling jelas
terkait dengan sarana fisik untuk komunikasi.
c.
Masalah
dalam menerima pesan
d.
Masalah
dalam menafsirkan pesan
Antara lain yaitu perbedaan latar belakang, perbedaan
penafsiran, perbedaan reaksi emosional.
sumber dari
http://encyclodrama.blogspot.co.id/2017/01/resume-komunikasi-bisnis-djoko-purwanto.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar